Bahaya Merokok Saat Berkendara Yang Merugikan Diri Sendiri

0
ya Merokok Saat Berkendara
Bahaya Merokok Di Kendaraan

imamalicamii.com, Merokok memang kebiasaan yang susah untuk dihentikan. Banyak orang yang mencoba berhenti tetapi nyatanya tidak bisa. Selain mengganggu masyarakat di sekitarnya, dampak dari merokok sangatlah bahaya bagi si perokok aktif maupun pasif.

Banyak perokok yang tidak menghiraukannya padahal di bungkus atau spanduk-spanduk di jalanan sudah di peringatkan bahwa merokok itu tidak baik bagi kesehatan. Bahaya merokok bisa menyebabkan gangguan paru-paru bahkan dapat memicu kanker.

Akan tetapi meski sudah banyak diperingatkan tetap saja dilakukan, dan akhirnya bila sudah terasa barulah mereka sadar. Nah untuk kamu perokok aktif cobalah untuk berhenti demi kesehatan masih banyak makanan dan minuman sehat yang bisa kamu coba untuk menggantikan rokok yang mengandung racun untuk tubuh.

Saat ini banyak warga yang diresahkan dan banyak terjadi kecelakaan lalu lintas akibat pengandara yang keenakan merokok saat berkendara. Namun perlu diingat bahaya merokok saat berkendara  bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Ini dia salah satu bahaya merokok sambal berkendara yang dapat merugikan diri sendiri beserta pengendara lainnya.

ya Merokok Saat Berkendara
Bahaya Merokok Saat Berkendara

Tidak Fokusnya Saat Berkendara

Merokok dimana saja bagi para perokok aktif mungkin sudah biasa, namun nyatanya sangat berbahaya. Salah satunya saat berkendara, kita selalu memihat pengendara motor yang tengah asyik merokok sambil mengendarai motor atau mobilnya. Tetapi pengandara tersebut nyatanya lebih fokus kepada rokok di banding jalanan.

Terbukti banyak pengandara yang sambil merokok misalnya rokok yang padam akibat tertiup angin, dia berusaha mencari korek api di sakunya dengan kondisi sedang berkendara tanpa menepi dan bisa berakhir dengan kecelakaan.

Asap Yang Mengganggu Penggendara Lain

Asap dari rokok memang sangat berbahaya tak hanya berdampak pada orang tua tetapi berbahaya pula bagi anak-anak apalagi pada bayi. Saat berkendara banyak perokok aktif yang tidak memperdulikan orang lain, hanya memikirkan dirinya sendiri.

Padahal banyak pengendara yang membawa anak-anak atau bahkan bayi. Anak-anak dan bayi masih memiliki system imun yang masih kurang sehingga berbagai penyakit dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuhnya, apalagi asap dari rokok.

Banyak kasus anak-anak dan bayi yang terkena dampak akibat perokok aktif yang tidak mempedulikan sekitarnya baik di jalan raya, dirumah, atau di tempat lainnya.

Membuang Bekas Rokok Sembarangan Di Jalan.

Meskipun kasus ini sedikit tetapi membuang bekas rokok di jalanan saat berkendara justru merugikan banyak pihak, api yang masih menyala bisa membakar yang ada disekitarnya.

Bara Yang Tertiup Angin.

Baru-baru ini banyak masyarakat yang resah karena banyaknya penggendara motor sambil merokok. Masyarakat menceritakan pengalamannya tentang kejadian yang menimpanya, salah satunya yang masyarakat yang terkena bara api dari rokok yang menyebabkan matanya infeksi.

Kasus ini memang banyak terjadi, namun tidak membuat perokok berhenti. Tidak ada larangan sebenarnya untuk merokok namun perhatikanlah tempat dan juga sekitar kita.

Pada saat ini peraturan baru, tidak bolehnya merokok sambil berkendara akan membuat kita sedikit lega pasalnya merokok sambil berkendara akan mendapatkan tilang dengan denda Rp 750.000. Dimana perokok yang menyalakan rokoknya di sambil mengendarai kendaraan akan dikenai Pasal 106 Undang-Undang No 22 Th 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Untuk para perokok aktif tidak ada larangan untuk kamu merokok, namun tetap perhatikan situasi karena menyangkut keselamatan diri sendiri besarta orang lain. Seperti yang kita sudah bahas di atas Bahaya merokok Saat Berkendara bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here