Inilah Penyebab Kepala Bayi Tidak Rata Dan Cara Mengatasinya

0
imammali_penyebab-kepala-bayi-tidak-rata

imamalicamii.com, Ketika lahir bentuk kepala bayi berbeda-beda ada yang memiliki bentuk bulat sempurna, ada juga bayi yang memiliki bentuk kepala tidak rata atau sering di sebut Flat Head. Penyebab kepala bayi tidak rata tersebut beragam, sehingga tidak sedikit bayi yang lahir dengan kondisi kepala seperti itu.

Meskipun begitu kepala bayi yang tidak rata masih dapat di obati dan di cegah, agar bentuk kepala bayi dapat kembali memiliki bentuk yang bulat sempurna. Karena jika tidak segera di tangani, akan mempengaruhi penampilan kepala bayi yang menjadi tidak simetris. Berikut ini adalah penyebab bayi memiliki bentuk kepala yang tidak rata, pengetahuan ini sangat penting bagi para orang tua yang sedang berencana ingin memiliki buah hati.

Kurangnya Air Ketuban Pada Rahim

Ketika seorang ibu sedang mengalami proses kehamilan, air ketuban akan memenuhi rahim dan memiliki fungsi yaitu melindungi bayi dari dalam rahim. Jika air ketuban tersebut kurang atau sedikit, bayi akan mengalami penekanan dari dalam sehingga bentuk kepala bayi dapat berubah. Air ketuban yang berfungsi melindungi bayi jika berkurang akan berdampak buruk bagi bayi, salah satunya kepala bayi akan menjadi tidak rata akibat Kurangnya air ketuban pada rahim.

Posisi Tidur Bayi

Posisi tidur bayi menjadi penyebab kepala bayi menjadi rata, hal tersebut dikarenakan posisi tidur bayi yang tidak berubah dalam waktu yang lama. Misalnya bayi yang tertidur dengan posisi kepala menyamping dalam waktu yang lama, kepala bayi akan menjadi rata di bagian samping. Ini dikarenakan tengkorak bayi masih lembek sehingga dapat dengan mudah berubah bentuk, oleh karena itu perhatikan posisi bayi ketika tertidur.

Bayi Mengalami Ketegangan Otot Leher

Penyebab kepala bayi tidak rata bisa di sebabkan oleh ketegangan otot leher pada bayi, karena kondisi tersebut dapat membatasi pergerakan leher pada bayi. Bayi akan sulit untuk memutarkan leher sehingga hanya salah satu sisi kepala bayi yang akan sering berbaring, sehingga menyebabkan kepala bayi menjadi tidak rata.

Craniosynostosis

Kepala bayi yang tidak rata dapat di akibatkan oleh Craniosynostosis, dimana lempeng-lempeng tengkorak pada bayi mengalami penyatuan terlalu dini.

Itulah penyebab kepala bayi tidak rata, namun pada dasarnya kepala bayi akan kembali ke bentuk yang normal namun harus segera di obati sejak dini dan di cegah. Berikut ini cara mengobati kepala bayi yang tidak rata dan cara mencegahnya.

Ubah Posisi Tidur Bayi

Orang tua sangat wajib untuk mengawasi posisi tidur pada bayi, agar bayi tidak memiliki kepala yang tidak rata. Jika posisi kepala bayi sudah menyamping, cobalah untuk membetulkan posisi tersebut agar kepala bayi tidak berada di satu sisi saja. Jika bayi sudah dapat tengkurap, hal itu dapat membantu mengurangi risiko kepala bayi menjadi tidak rata.

Ubah Posisi Tidurnya

Cobalah untuk mengubah posisi tidur bayi, karena biasanya bayi akan sangat tertarik terhadap cahaya. Dengan mengubah posisi tidur bayi, bayi akan mengikuti ke mana arah  cahaya atau hal-hal menarik lainnya.

Variasikan Cara Menggendong

Cobalah untuk berganti-ganti cara menggendong bayi, agar salah satu kepala bayi tidak tertekan oleh satu sisi saja. Para orang tua dapat mengendong bayi dengan cara mendekapkannya ke belakang, dengan begitu penekanan pada kepala bayi akan berkurang.

Gunakan Bantal Khusus

Gunakanlah bantal khusus untuk mengurangi bentuk kepala yang tidak rata, bantal tersebut di desain khusus agar bentuk kepala bayi menjadi bulat sempurna.

Itulah penyebab kepala bayi tidak rata dan cara mengatasinya, para orang tua harus memperhatikan hal ini agar kepala bayi memiliki yang bulat sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here