Perkembangan Bayi 4 Bulan Adalah Momen Yang Sayang Untuk Di Lewatkan

0
imammali_bayi-4-bulan

imamalicamii.com, Kata beberapa orang jangan pernah melewatkan perkembangan bayi 4 bulan, karena pada usia tersebut bayi memiliki beberapa hal yang baru yang sayang untuk kita lewatkan. Pada usia 4 bulan bayi akan mulai menunjukkan beberapa gerakan baru, celotehnya dan hal lainya. Perkembangan bayi tersebut meliputi pertumbuhan fisik, pertumbuhan motorik, pertumbuhan sensorik bayi dan perkembangan emosi bayi.

Hal tersebut harus selalu di awasi oleh para orang tua, agar dapat mengetahui perkembangan apa saja yang dapat di capai oleh bayi. Berikut ini beberapa perkembangan yang dapat orang tua awas pada bayi berusia 4 bulan, sehingga orang tua tahu dan mengerti apa saja yang dapat bayi lakukan pada usia 4 bulan tersebut.

Pertumbuhan Fisik Bayi

Pada usia 4 bulan fisik bayi akan semakin kuat mulai dari tangan, kaki, kepala, dada, dan perut. Pada usia tersebut bayu sudah dapat di dudukan di pangkuan kita, namun harus masih dalam pengawasan. Bayi sudah dapat memulai berguling ke samping dan tengkurap, namun masih harus dalam pengawasan orang tua. Bayi juga sudah memulai memperlihatkan tanda-tanda akan tumbuh  gigi dengan cara menggigit-gigit mainan atau apa pun yang dapat di raihnya.

Pertumbuhan Motorik Bayi

Pada usia bayi 4 bulan gerakan tangan pada bayi akan semakin sering di lakukan dan membaik, hal tersebut terjadi karena perkembangan motorik bayi pada usia tersebut menjadi lebih baik. Bayi juga sudah memiliki rasa penasaran dan memiliki respon yang lebih baik, sehingga bayi sering memasukkan tangan dan banda lainya ke dalam tubuh. Uniknya pada usia 4 bulan bayi sudah dapat meraih mainan-mainan yang tergantung di atasnya, hal ii tentu saja sesuatu yang baru bagi bayi.

Pertumbuhan Sensorik Bayi

Pada usia 4 bulan, pertumbuhan sensorik bayi juga sangat menarik untuk di saksikan. Bayi sudah dapat mengenal berbagai warna di sekitarnya, selain itu bayi sudah dapat melihat jelas dan mengenal wajah orang tua mereka. Bayi juga sudah dapat mencari perhatian dengan cara-caranya sendiri, salah satunya dengan menjatuhkan mainan.  Bayi juga sudah mulai dapat memperhatikan orang-orang di sekitarnya, sehingga terkadang bayi sering ikut meramaikan suasana ketika berkumpul bersama keluarga.

Perkembangan Emosi Bayi

Selain perkembangan fisik, motorik, dan sensorik, perkembangan emosi pada bayi juga ikut berkembang. Bayi sudah dapat di ajak bermain dengan lepas, ketika tertawa rasa bayi akan merasa bahagia. Begitu juga sebaliknya, ketika bayi sedang menangis perasaannya akan sangat sedih seperti sedang di tinggal oleh orang tuanya.  Selain itu yang paling menggemaskan pada usia 4 bulan adalah celotehan bayi, pada usia 4 bulan bayi sudah dapat mengucapkan beberapa huruf vokal dengan jelas. Terkadang hal tersebut dapat membuat kita tertawa dengan tingkah lucunya, selain itu bayi juga lebih sering berteriak-teriak untuk mencari perhatian.

Waktu Tidur Bayi

Pada usia 4 Bulan waktu tidur bayi akan berubah, biasanya bayi akan tidur selama 14 jam hingga 16 jam dalam sehari. Jika dulu bayi sering terbangun di malam hari, pada usia 4 bulan bayi biasanya akan terbiasa tidur di malam hari. Tidur pada waktu malam juga memberikan manfaat untuk bayi, karena dapat membantu perkembangan motorik, sensorik dan fisik pada bayi.

Nah itulah perkembangan bayi 4 bulan yang harus di awasi dan sayang untuk dilewatkan para orang tua, pengawasan pada usia tersebut juga sangat penting agar orang tua lebih tahu perkembangan bayi pada usia 4 bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here